Pelayanan Rawat Jalan yg Baik
TUGAS ONLINE 2NAMA : SITI
HAERIYAHNIM :
2016.0301.138TUGAS : MANAJEMEN PELAYANAN RS (PELAYANAN
RAWAT JALAN YG BAIK)SESI : 11
A. Pengertian
B. Tujuan
Mengupayakan kesembuhan dan pemulihan pasien secara optimal melalui prosedur dan tindakan yang dapatdipertanggung jawabkan (Standar Pelayanan Rumah sakit, Dirjen Yanmed Depkes RI thn 1999).
Mengupayakan kesembuhan dan pemulihan pasien secara optimal melalui prosedur dan tindakan yang dapatdipertanggung jawabkan (Standar Pelayanan Rumah sakit, Dirjen Yanmed Depkes RI thn 1999).
C. Standar Pelayanan Rawat Jalan
Berdasarkan Keputusan Menteri kesehatan
Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit,
standar minimal rawat jalan adalah sebagai berikut:1. Dokter yang melayani pada Poliklinik
Spesialis harus 100 % dokter spesialis.2. Rumah sakit setidaknya harus
menyediakan pelayanan klinik anak, klinik penyakit dalam, klinik kebidanan, dan
klinik bedah.3. Jam buka pelayanan adalah pukul 08.00 –
13.00 setiap hari kerja, kecuali hari Jumat pukul 08.00 – 11.00.4. Waktu tunggu untuk rawat jalan tidak
lebih dari 60 menit.5. Kepuasan pelanggan lebih dari 90 %.
D. kegiatan
Pelayanan Rawat JalanPelayanan di unit rawat jalan secara
garis besar meliputi 2 aspek yaitu pelayanan Medis dan Pelayanan administrasi.
Kedua aspek pelayanan tersebut memiliki tugas dan proses yang berbeda-beda
sebagai berikut :1. Registrasi atau pendaftaranBertugas
dalam menerima pendaftaran pasien, menyediakan aplikasi pendaftaran pasien,
membantu proses registrasi atau pengisisan data pasien, menyediakan informasi
jadwal praktek dokter rawat jalan, jadwal praktek harian dan memberikan kartu
berobat pasien,2. Bagian PemeriksaanMerupakan
aspek fungsional medis utama yang terdiri dari Dokter, Perawat dan tenaga medis
lainnya, bertugas memberikan layanan terkait pemeriksaan, diagnose penyakit dan
tindakan kesehatan kepada pasien, serta mengisi catatan rekam medis pasien
sebgai dokumentasi.3. Bagian Rekam MedisBertugas
dalam mengatur dan menyiapkan data-data atau dokumentasi terkait semua hasil
pemeriksaan, diagnosa dan tindakan kesehatan yang dilakukan kepada pasien dan
telah dicatat oleh petugas Medis pada lembaran rekam medis.4. Bagian Farmasi dan ApotikBertugas
dalam memfasilitasi kebutuhan terhadap terapi obat yang diresepkan kepada
pasien, kebutuhan alat atau produk terkait layanan kesehatan yang dibutuhkan
pasien5. Bagian kasirBertugas
dalam memberikan informasi jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh paien,
proses klaim jaminan atau asuransi pasien, informasi tarif pelayanan yang
disediakn rs, dan membuat laporan kas terkait kegiatan pelayanan harian rumah
sakit.
E. Jenis-jenis
Jenis pelayanan rawat
jalan di rumah sakit secara umum dapat dibedakan atas 4 macam yaitu :1. Pelayanan gawat darurat
(emergency services) yakni untuk menangani pasien yang butuh pertolongan segera
dan mendadak.2. Pelayanan rawat jalan
paripurna (comprehensive hospital outpatient services) yakni yang memberikan
pelayanan kesehatan paripurna sesuai dengan kebutuhan pasien.3. Pelayanan rujukan
(referral services) yakni hanya melayani pasien-pasien rujukan oleh sarana
kesehatan lain. Biasanya untuk diagnosis atau terapi, sedangkan perawatan
selanjutnya tetap ditangani oleh sarana kesehatan yang merujuk.4. Pelayanan bedah jalan
(ambulatory surgery services) yakni memberikan pelayanan bedah yang dipulangkan
pada hari yang sama.
Sumber Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Rawat_jalanhttp://upkp2.batangkab.go.id/standar-minimal-dalam-pelayanan-rawat-jalan-dan-rawat-inap-di-rumah-sakit/http://pipitrianidavaz.blogspot.co.id/2014/10/askep-rawat-jalan.htmlhttps://nyowidanaskm.wordpress.com/2010/08/03/definisi-rawat-jalan/
Komentar
Posting Komentar